Minggu, 29 Mei 2011

Game Mania

Bermain game memang menyenangkan, sehingga tidak terasa walaupun sudah berjam-jam lamanya bermain. Lain halnya dengan belajar, apalagi belajar fisika, baru lima menit udah bosan atau bahkan pusing dan akhirnya game over alias menyerah.



Padahal belajar fisika itu bisa dianalogikan dengan bermain game. Seperti halnya dalam bermain game, belajar fisika terdiri dari beberapa level yang harus dituntaskan. Setiap level memiliki karakteristik dan kompleksitas yang berbeda, begitu pula dengan target yang dicapainya.
Di kelas kalian diberi penjelasan tentang gambaran misi dan target setiap level, bahkan para guru memberikan strategi dan jurus yang jitu dalam menuntaskan level-level tersebut. Tidak hanya itu, kalian akan dibawa ke alam realita dengan simulasi dan praktikum yang dilaksanakan di Lab.
Ketika pertama kali memainkan suatu game, tentunya kalian agak sulit untuk memainkannya, walaupun di level awal, apalagi menuntaskannya. Makanya dalam suatu game biasanya ada tutorial untuk tahap pengenalan. Dan bila kalian terus menerus mencoba level tersebut, akhirnya bisa juga melewatinya dan menuntaskan target dalam level tersebut, sehingga kalian dapat memainkan level berikutnya. Tentunya level berikutnya memiliki tingkat kesukaran yang lebih tinggi. Namun tidak ada yang sukar bila kita menjalaninya dengan penuh perhatian dan kesabaran serta rasa penasaran ingin menuntaskannya.
Begitu pula dalam belajar fisika, bila kalian terus mencoba dan memahami apa misi dan target dalam belajar fisika, Insya Allah kalian akan dapat melewati level-level yang ada dengan mudah.

0 komentar:

Posting Komentar